Jumat, 24 Juli 2015

KUNJUNGAN KERJA GKR HEMAS KE KPU KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Wonosari (23/7), GKR Hemas melakukan kunjungan kerja sebagai Anggota DPD RI ke KPU Kabupaten Gunungkidul pada hari Kamis (23/7). Kunjungan kerja GKR Hemas didampingi oleh Sekretaris Daerah kabupaten Gunungkidul, Ir. Budi Martono, M.Si. Ketua dan Anggota KPU Gunungkidul beserta jajaran Sekretariat KPU Gunungkidul menerima kunjungan GKR Hemas di Ruang rapat KPU Gunungkidul.
Maksud kunjungan Anggota DPD RI dari Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut adalah untuk melihat sejauh mana kesiapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Gunungkidul. Dalam masa reses ini, Beliau menginginkan adanya masukan dari KPU Gunungkidul tentang pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember 2015 mendatang.

Ketua KPU Gunungkidul, Moh. Zaenuri Ikhsan menyambut baik kunjungan ini dan menjelaskan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang telah dan sedang berjalan saat ini. Penjelasan tersebut antara lain tentang tahapan yang sedang berjalan saat ini, yaitu pemutakhiran data pemilih. Sedangkan tahapan yang akan segera dilaksanakan adalah pendaftaran pasangan calon Bupati dan wakil Bupati pada tanggal 26-28 Juli 2015. Kabupaten Gunungkidul merupakan satu-satunya Kabupaten di DIY yang mempunyai pasangan calon dari jalur perseorangan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun ini.
Sedangkan untuk persoalan anggaran, NPHD telah ditandatangani dan sudah mulai dicairkan. Permohonan anggaran juga telah disetujui seratus persen oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Tetapi setelah berjalannya tahapan, ada beberapa revisi yang telah dan akan dilakukan. Hal ini berkaitan dengan Peraturan dari Kementrian Dalam Negeri dan Kementrian Keuangan. Sehingga KPU Kabupaten Gunungkidul juga berkoordinasi dengan BPK yang telah masuk Ke KPU Kabupaten Gunungkidul.

Menanggapi penjelasan Ketua KPU Gunungkidul, GKR Hemas mengingatkan untuk memperhatikan data pemilih. Khususnya para perantau yang tersebar di luar DIY. Perantau tersebutbanyak sekali jumlahnya dan masih ber-KTP Kabupaten Gunungkidul. Sosialisasi KPU hendaknya menjangkau para perantau tersebut. Kemudian berkaitan dengan anggaran, diharapkan Satker/SKPD untuk berhati-hati terhadap peraturan yang berlaku. Tetapi hal itu jangan sampai mengekang kreatifitas satker/SKPD dan takut dalam melaksanakan kegiatan. Apalagi bagi KPU Kabupaten Gunungkidul yang pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kali ini mempunyai cukup besar anggaran yang akan digunakan. GKR Hemas juga mengapresiasi kerjasama yang telah dibangun dengan BPK dalam rangka pendampingan selama ini. Pada akhirnya GKR Hemas mengharapkan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Gunungkidul berjalan lancar dan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar