Kamis, 20 September 2012

Kelas Pemilu di SMK N 2 Wonosari

Kelas Pemilu di SMK N 2 Wonosari, pada hari Kamis, 20 September 2012

Acara dimulai tepat pada pukul 13.30 WIB dan diikuti oleh 14 kelas dari 6 jurusan yang terdapat di SMK N 2 Wonosari yaitu TKJ, Multimedia, Listrik, Bangunan, Mesin Perkakas dan Mesin Otomotif, acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin langsung oleh Bp. Sumargiono. Kemudian setelah lagu itu selesai dinyanyikan barulah KPU Kab. Gunungkidul memulai Sosialisasi yang diawali perkenalan yang dipimpin langsung oleh Anggota KPU Kab. GK Bp. Is Sumarsono, SH yang didampingi Bp. Praptono, S.IP selaku Kasubang Keuangan, Umum dan Logistik dan 3 staf dari Set. KPU Kab. GK. 

Setelah perkenalan selesai KPU Kab. GK mulai memasuki Materi Sosiaslisasi yang diawali dengan penjelasan pengertian Pemilu. Selang beberapa menit Bp. Is Sumarsono kemudian membentuk 2 kelompok yang diwakilkan oleh bebe rapa siswa yang ditunjuk untuk mendiskusikan beberapa kasus yang sudah disiapkan oleh KPU Kab. Gunungkidul. Disitu para siswa dituntut untuk melakukan diskusi dengan metode 1 kelompok ada pimpinannya dan yang 1 kelompok tanpa pimpinan. Dan terdapat 1 orang pengawas di masing-masing kelompok yang bertugas untuk mengawasi jalannya diskusi dan menyimpulkan kesimpulan dari pengamatan yang mereka lakukan. Dan hasilnya adalah bahwa kelompok yang terdapat pimpinan lebih cepat selesainya dibandingkan dengan kelompok yang tanpa pimpinan. Setelah itu para siswa diajak diskusi tentang karakteristik seorang pemimpin yang baik itu seperti apa kemudian menempelkan kertas yang bertuliskan karakter-karakter para pemimpin yang sudah disiapkan oleh KPU Kab. Gunungkidul. Disitu para siswa diajak mengenal karakteristik pemimpin yang baik yang nantinya akan mereka pilih pada pemilu tahun 2014 yang akan diselenggarakan pada tanggal 09 april 2012 besok. Acara kemudian menginjak pada sesi ke 4 yang mendiskusikan tentang Daftar Pemilih Tetap yang memiliki Hak pilih dalam Pemilu 2014 mendatang. Para siswa dijelaskan tentang siapa saja yang berhak untuk memilih dan yang tidak memilik hak memilih. Dari sana para siswa diharapkan akan mengetahui tentang syarat-syarat menjadi Pemilih yaitu sekurang-kurangnya berusia 17 Tahun pada tanggal 09 April 2014 besok. Para siswa rata-rata sudah mengetahu tentang Kriteria siapa saja yang dapat masuk kedalam DPT tersebut. Setelah waktu sosialisasi masih kurang lebih 45 menit KPU Kab. Gunungkidul melaksanakan Simulasi Pemungutan Suara dengan membentuk sebuah TPS kecil yang disana terdapat 7 orang anggota KPPS dan 1 orang pemilih yang nantinya akan memeragakan bagaimana alur seorang Pemilih itu untuk memberikan Hak suaranya kelak. Dimulai dengan calon Pemilih yang menuju KPPS 4 dengan menunjukan surat Undangan untuk memilih. Setelah itu tugas dari KPPS 4 adalah memeriksa identitas dan memeriksa jari-jari calon pemilih apakah terdapat Tinta atau belum. Jika belum kemudian pemilih diarahkan ke KPPS 1 untuk kemudian memanggil Pemilih yang kemudian KPPS 2 bertugas untuk mengecek DPT apakah pemilih tersebut terdaftar atau tidak dalam DPT yang telah ditetapkan oleh KPU Kab. GK. Setelah itu KPPS 3 menyiapkan Surat suara yang akan diberikan kepada Pemilih untuk dibawa ke KPPS 5 yang bertugas mengarahkan pemilih untuk menuju Bilik Suara. Setelah itu barulah Pemilih memasukan Surat suara yang telah ditandai kedalam Kotak Suara yang telah disiapkan. Proses tersebut tidak berakhir disitu saja lantas Pemilih menuju KPPS 7 untuk pemberian tanda dengan cara menclupkan jari mereka kedalam tinta sebagai tanda telah melakukan tugasnya untuk memberikan suara. 

Acara berakhir pada pukul 15.00 WIB. Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 90 menit tersebut mendapat respon baik dari siswa maupun guru PKn yang coba saya tanya pendapatnya mengenai kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Kab. GK tersebut. Menurut Bp. Rus Sarjono Kegiatan ini sangat Positif bagi siswa karena akan memberikan informasi kepada para siswa  yang baru pertama kali menggunakan Hak pilihnya pada Pemilu mendatang. Diakhir kunjungannya Anggota KPU Kab. Gunungkidul, Is Sumarsono, SH menyerahkan Piagam Penghargaan dan Buku Modul kepada SMK N 2 Wonosari yang diterima oleh Ibu Bekti Yahrini yang mewakili Kepala Sekolah SMK N 2 Wonosari yang pada saat itu sedang melakukan Kegiatan Dinas diluar sekolah. (Peliput : Sri Muryani)

Foto-foto Kegiatan












Tidak ada komentar:

Posting Komentar