.

..

Rabu, 19 September 2012

Kelas Pemilu di SMK N 1 Ponjong

Kelas Pemilu di SMK N 1 Ponjong, pada hari Rabu,19 September 2012


KPU Kabupaten Gunungkidul yang terdiri dari 1 orang Anggota Komisioner KPU yaitu H. Paimin Adji, S.IP didampingi Agung Prihationo M, SH, MM selaku Kasubag. Hukum dan 3 orang Staf dari Sekretariat KPU Kabupaten Gunungkidul tiba dilokasi pada pukul 08.30 WIB yang disambut langsung oleh Kepala SMK N 1 Ponjong, Dra. Susiyanti, M.Pd. setelah memohon izin untuk melakukan Sosialisasi di sana rombongan KPU Kabupaten Gunungkidul langsung menuju ke ruang kelas yang akan digunakan. Ternyata pada hari tersebut ada 3 kelas XII yang ada pelajaran PKn nya. Akhirnya 3 kelas yang terdiri dari jurusan Otomotif A, Otomotif B dan Audio Video dijadikan 2 kelas yang dalam penyampaian materinya akan dilaksanakan secara bergantian tapi tetap berjalan selaras. 

Pertama kali Bapak Rus Sardjono memberikan penjelasan kepada para murid bahwa hari ini mereka akan mendapatkan Sosialisasi dari KPU, dan mereka semu sangat antusias. Kemudian dilanjutkan penjelasan tentang Kepemiluan oleh H. Paimin Adji, S.IP. setelah selesai memberikan penjelasan tentang Kepemiluan Pak Adji segera bergegas ke ruang kelas sebelah karena disana para siswa yang lain sudah menanti penjelasan dari pak Adji tersebut. Sementara Pak Adji menjelaskan diruang sebelah kelas yang tadi sudah menerima penjelasan tentang kepemiluan dilanjutkan dengan diskusi tentang Kasus yang sudah di siapkan oleh KPU Kab. Gunungkidul. Acara tersebut di pandu oleh Agung Prihationo M, SH, MM. metode yang digunakan dalam diskusi tersebut adalah dengan cara pembagian siswa menjadi 2 kelompok. Satu kelompok dengan pimpinan dan satu kelompok lainnya tanpa pimpinan dengan didampingi oleh masing-masing 1 observer. Setelah mendapatkan jawabannya para siswa ditunjuk untuk maju menjelaskan tentang hasil diskusi mereka. Setelah itu sesi ketiga KPU Kab. Gunungkidul mengajak para siswa untuk mendiskusikan tentang Karakteristik seorang calon pemimpin yang baik menurut mereka. Disitu para siswa dibagikan lembaran kertas yang berisi tulisan tentang macam-macam sifat pemimpin, yang harus mereka lakukan adalah memilih 10 dari 24 yang menurut mereka baik untuk menjadi seorang pemimpin. Dan rata-rata dari mereka menempatkan kriteria jujur pada posisi teratas.

Sesi dilanjutkan dengan penjelasan tentang Daftar Pemilih, disini para sisiwa dijelaskan siapa saja yang berhak untuk menggunakan hak dan tidak berha untuk menggunakan hak suaranya. Para siswa dibacakan contoh-contoh nama yang harus mereka jawab bahwa nama tersebut merupakan pemilih atau bukan. Rata-rata para siswa setelah diawal tadi mendengarkan penjelasan, mereka dapat membedakan mana yang pemilih atau bukan pemilih. Setelah itu para siswa diajak untuk membentuk sebuah miniatur TPS, disana terdapat 7 orang anggota KPPS dan 1 orang calon Pemilih yang semuanya diambil dari siswa-siswi disana, hal ini bertujuan agar secara tidak langsung mereka akan merasakan atmosfer yang ada pada TPS yang akan mereka gunakan pada Pemilu 2014 mendatang. Pertama-tama calon pemilih calon Pemilih yang menuju KPPS 4 dengan menunjukan surat Undangan untuk memilih. Setelah itu tugas dari KPPS 4 adalah memeriksa identitas dan memeriksa jari-jari calon pemilih apakah terdapat Tinta atau belum. Jika belum kemudian pemilih diarahkan ke KPPS 1 untuk kemudian memanggil Pemilih yang kemudian KPPS 2 bertugas untuk mengecek DPT apakah pemilih tersebut terdaftar atau tidak dalam DPT yang telah ditetapkan oleh KPU Kab. GK. Setelah itu KPPS 3 menyiapkan Surat suara yang akan diberikan kepada Pemilih untuk dibawa ke KPPS 5 yang bertugas mengarahkan pemilih untuk menuju Bilik Suara. Setelah itu barulah Pemilih memasukan Surat suara yang telah ditandai kedalam Kotak Suara yang telah disiapkan. Proses tersebut tidak berakhir disitu saja lantas Pemilih menuju KPPS 7 untuk pemberian tanda dengan cara menclupkan jari mereka kedalam tinta sebagai tanda telah melakukan tugasnya untuk memberikan suara. setelah proses simulasi pemungutan suara tersebut KPU Kab. Gunungkidul menutup acara Sosialisasi tersebut. Sebelum bertolak ke Kantor KPU Kabupaten Gunungkidul, terlebih dahulu Tim berpamitan dengan Kepala SMK N 1 Ponjong akan tetapi Kepala Sekolah sedang Dinas di luar sekolah. (Peliput : Sri Muryani)

 Foto-foto Kegiatan







0 comments:

Poskan Komentar