Senin, 03 September 2012

Kelas Pemilu di SMK N 1 Nglipar

Pemilu di SMK N 1 Nglipar, pada hari Senin, 3 September 2012

Wonosari-Demi mengurangi angka Golput pada Pemilu Tahun 2014 yang akan diselenggarakan pada tanggal 09 April 2014 besok KPU Kab. Gunungkidul melaksanakan sosialisasi Pemilu. Yang menjadi sasaran dari KPU Kab. Gunungkidul adalah siswa-siswi kelas XII SMA/SMK yang pada Pemilu 2014 akan menggunakan Hak Pilih untuk pertama kalinya. Dan yang menjadi sekolah pertama yang dikunjungi oleh KPU Kab. Gunungkidul adalah SMK N 1 Nglipar yang dilakukan pada hari Senin, 03 September 2012 yang diikuti oleh kurang lebih 180 siswa-siswi yang dibagi menjadi 2 sesi yang terdiri dari kelas XII jurusan Akutansi, Otomotif dan TKJ.
Narasumber dalam kegiatan ini adalah dari Anggota KPU Gunungkidul, H. Paimin Adji, S.IP, juga didampingi Kasubbag Hukum, Agung Prihationo M, SH, MM, bersama sejumlah staf sekretariat KPU Gunungkidul. Beberapa materi yang disampaikan yaitu bagaimana cara memilih Pemimpin yang baik, dan bagaimana cara mengetahui siapa saja yang berhak menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2014 yang akan datang. Metode yang digunakan oleh KPU dalam sosialisasi yang dilaksanakan di SMK N 1 Nglipar menggunakan metode Tanya Jawab, yang bertujuan untuk melatih keberanian siswa dalam mengutarakan pendapat dan bertanya tentang suatu permasalahan tentang Pemilu. Kegiatan ini juga disertai dengan Simulasi tentang cara Pemungutan Suara yang benar dengan simulasi suasana pemungutan suara di TPS.
Kegiatan yang berlangsung selama 90 menit ini direspon dengan antusias dan positif oleh para siswa, banyak dari mereka yang bertanya tentang kepemiluan dan bagaimana menjadi pemilih yang cerdas. Pada akhir acara KPU Gunungkidul memberikan Piagam Penghargaan atas partisipasi SMK N 1 Nglipar dalam kegiatan Kelas Pemilu yang diterima langsung oleh Kepala SMK N 1 Nglipar, Ibu Dra. Siti Fadilah ,yang dalam sambutannya mengatakan menyambut baik kegiatan Kelas Pemilu yang diadakan oleh KPU Gunungkidul, selain dapat memberikan kesadaran kepada siswa akan pendidikan politik, dengan kegiatan ini juga diharapkan para siswa akan mengetahui lebih banyak tentang tugas dan fungsi KPU, sehingga diharapkan mereka dapat bertanya lebih lanjut tentang kepemiluan atau bahkan bekerjasama dengan KPU Gunungkidul dalam kegiatan siswa yang berhubungan dengan pemungutan suara seperti pemilihan ketua OSIS dan sebagainya. (Peliput : Sri Muryani)

Foto-foto Kegiatan










Tidak ada komentar:

Posting Komentar