Rabu, 12 September 2012

Kelas Pemilu di SMA N 1 Karangmojo

Kelas Pemilu di SMA N 1 Karangmojo, pada hari Rabu, 12 September 2012

Setibanya di lokasi kami disambut oleh Kepal SMA N 1 Karangmojo, Drs. Sutarman, MM yang menyambut positif kegiatan Sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU Kab. GK. Setelah sedikit berbincang kami segera menyiapkan peralatan yang digunakan untuk sosialisasi acara tepat dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan diikuti kurang lebih 79 siswa-siswi yang terdiri dari kelas IPS XII 1 dan IPS XII 2. Penyampaian Materi Sosialisasi dilakukan oleh Anggota KPU Kab. GK, H. Paimin Adji, S.IP yang diikuti oleh Kasubag. Hukum, Agung Prihationo M, SH, MM beserta 3 orang staf dari Sekretariat KPU Kab. GK. Acara diawali dengan perkenalan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang pengertian Pemilu.

Setelah itu para siswa dibagi menjadi 2 kelompok untuk berdiskusi tentang kasus yang sudah disiapkan oleh KPU Kab. GK. Setelah semua kelompok dapat menyelesaikan diskusi mereka, salah satu perwakilan dari masing-masing kelompok maju untuk menjelaskan pendapat dari kelompok mereka. Rata-rata dari masing-masing kelompok sudah memiliki kemampuan baik untuk menyelesaikan suatu kasus, itu terbukti dari hasil jawaban mereka yang rata-rata sudah hampir mendekati benar. Kemudian observer dari masing-masing kelompok yang tadi sudah ditunjuk di awal sesi mengutarakan hasil pengamatan mereka tentang efisiensi diskusi kelompok yang ada pimpinan dan tanpa pimpinan. Dan dari pengamatan mereka menunjukan bahwa kelompok yang ada pemimpinya lebih terorganisir dan lebih cepat selsai dari pada kelompok yang tidak ada pemimpinya yang hanya banyak bicara dan bercanda.

Setelah semua observator selesai mengutarakan pendapat mereka kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi tentang Karakteristik Pemimpin yang baik, sama seperti sesi sebelumnya para siswa dibagi lembaran kertas yang berisi tulisan berbagai macam kriteria-kriteria pemimpin yang baik untuk mereka pilih pada Pemilu 2014 yang akan datang. Rata-rata dari mereka sudah tahu apa yang harus dimiliki oleh para pemimpin mereka kelak. Setelah diskusi yang berlangsung menarik tersebut KPU melanjutkan acara ke sesi berikutnya yaitu penjelasan tentang Daftar Pemilih Tetap, disana KPU Kab. Gunungkidul menjelaskan siapa saja yang berhak menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2014. Mereka dibagi lembaran kertas yang berisi nama-nama yang masuk dalam pemilih dan bukan pemilih, disana para siswa diharuskan menempelkan lembaran kertas tersebut ke media yang sudah disiapkan oleh KPU sebelumnya. Rata-rata para siswa masih belum mengetahui siapa-siapa saja yang mempunyai hak suara. buktinya ada anggota TNI/POLRI yang masih mereka masukan kedalam kolom pemilih padahal dalam UU diatur bahwa TNI POLRI tidak memiliki Hak suara. disitu KPU Kab. GK menjelaskan alasan tentang siapa-siapa saja yang masuk dan tidak masuk dalam DPT. Setelah para siswa mengetahui kriteria-kriteria DPT. Para siswa diajak untuk mengetahui apa saja alat-alat yang digunakan untuk proses pemungutan suara di TPS. Yang terdiri dari Bilik, Kotak Suara, alat pencoblos dan Tinta Pemilu. Kemudian KPU mengadakan Sesi Tanya jawab, ada salah satu siswa yang bertanya kepada KPU Kab. GK, kalau pak SBY itu dulunya anggota TNI kenapa bisa mencalonkan diri menjadi seorang Presiden?, kemudian H.Paimin Adji, S.IP menjawab kalau pak SBY itu sudah Purna maka beliau mempunyai hak untuk mencalonkan diri, apabila Pak SBY itu masih aktif beliau harus mendapatkan ijin dari instansi beliau. Setelah dirasa cukup KPU mengakhiri acara Sosialisasi di SMA N 1 Karangmojo. Sebelum berpamitan KPU menyerahkan Piagam Penghargaan dan Buku Modul kepada SMA N 1 Karangmojo yang diserahkan oleh Anggota KPU Kab. GK H. Paimin Adji, S.IP yang kemudian diterima oleh Guru PKn, Trining Winarti yang mewakili Drs. Sutarman, MM yang sedang ada kegiatan dinas keluar sekolah. (Peliput Sri Muryani)

Foto-foto Kegiatan 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar